Popular Posts

Monday, April 25, 2016

Seo Youtube

Panduan SEO YouTube Terbaru 2020 – Panduan Blog Online

Panduan SEO YouTube Terbaru 2020

Kami berusaha menyediakan website yang berguna untuk pengetahuan para pembaca, panduan singkat dan sederhana ini semoga menjadi jalan bagi kalian yang mengalami kesulitan dalam membuat blog di dunia maya, kami mengambil sumber dari blog Panduan Blog Online.com seandainya kalian berkenan langsung mengunjungi website tersebut, selamat menikmati!

seo youtube

Sama seperti Google, di YouTube pun Anda harus memenangkan persaingan di hasil pencarian video YouTube. Anda harus muncul di peringkat teratas hasi pencarian YouTube. Bagaimana cara memenangkan persaingan tersebut? Jawabannya adalah SEO YouTube!

Ya, dengan menerapkan SEO YouTube yang tepat, Anda bisa memenangkan persaingan di YouTube dan mendatangkan banyak penonton. Nah, kalau Anda baru saja berkecimpung di dunia social video YouTube dan berharap memiliki view yang banyak, simak panduannya di bawah ini.

Pengertian SEO YouTube

YouTube dipakai
untuk platform promosi, branding,
atau mencari uang dari iklan sama halnya dengan website. Traffic yang
tinggi pada video dan kemunculan iklan akan dikonversi menjadi penghasilan dan
bisa diambil secara berkala. Kalau video memiliki view tinggi, penghasilan juga mengikuti. Itulah kenapa Anda harus
melakukan optimasi SEO YouTube.

SEO YouTube adalah langkah optimasi dari
video yang Anda buat dan unggah di YouTube. Tujuan utama optimasi ini adalah
membuat video lebih banyak diakses oleh masyarakat. Dengan kata kunci tertentu,
video bisa muncul di posisi atas.

YouTube adalah
mesin pencari sama halnya dengan Google. Apa saja yang ada di basis datanya
bisa ditemukan dengan kata kunci tertentu. Karena konsep ini sama halnya dengan
SEO website, video juga butuh optimisasi seperti pemberian kata kunci, tag, atau lainnya.

Kalau Anda bisa mengoptimalkan video dengan menerapkan teknik SEO, video bisa lebih mudah ditemukan di dalam platform. Selain itu video juga bisa muncul dalam pencarian di YouTube mengingat platform ini juga dimiliki oleh Google. Informasi lebih jelas tentang panduan SEO YouTube bisa Anda simak pada ulasan selanjutnya.

Baca Juga: 15 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

5 Langkah Optimasi SEO YouTube

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan SEO YouTube yang Anda miliki. Langkah itu terdiri dari

  1. Riset Keyword
  2. Membuat Video dengan Kualitas Terbaik
  3. Optimasi Metadata
  4. Promosi Video
  5. Manfaatkan YouTube Analytics

1. Riset Keyword

Dalam panduan SEO
YouTube Anda juga mengenal yang namanya kata kunci atau keyword. Sama halnya
dengan konten yang ada pada website, Anda menempatkan kata kunci dengan
kerapatan tertentu mulai dari kata kunci utama, turunan, hingga sinonimnya atau
LSI.

Kata kunci pada YouTube
akan menentukan posisi dari konten yang Anda buat. Misal kata kunci “cara
membuat sambal”. Kata kunci ini tentu memiliki persaingan yang besar. Mereka
yang memiliki viewers lebih banyak dan pengikut lebih besar akan berada di peringkat
atas.

Kalau Anda ingin
memaksimalkan konten video yang sudah atau akan dipublikasikan, simak panduan
riset kata kunci di bawah ini.

1.1. Temukan Kata Kunci Sesuai Niche

Kalau Anda mau
terjun ke dunia YouTube secara profesional, yang harus dipikirkan dahulu adalah
niche atau tema yang Anda kuasai. Misal Anda akan membuat niche dengan tema
otomotif, kata kunci bisa sekitar mobil, review, dan uji coba. Sebaliknya kalau
niche tentang wisata, kata kunci berhubungan dengan destinasi bisa diberikan.

Kata kunci ini penting untuk menarik banyak penonton baru kalau halaman YouTube Anda masih terbilang baru. Kalau sudah lama dan memiliki basis penggemar banyak, unggah satu video saja bisa trending. Namun, kalau masih pemula harus kerja cerdas dengan memaksimalkan kata kunci.

cara mendapatkan uang dari youtube

Gunakan fitur seperti Google Trends untuk melihat jenis kata kunci yang dibidik dan frasa turunannya. Dengan alat ini Anda akan tahu seberapa banyak atau kuat persaingannya. Lalu akan terlihat juga berapa kali kata kunci itu dicari setiap bulannya. Dari patokan ini Anda membuat konten yang terstruktur.

1.2. Menganalisis Tren Terbaru

Coba perhatikan
tab trends di YouTube. Pada periode tertentu video nomor satu seterusnya
memiliki tema yang sama. Misal tentang ulasan kasus yang sedang heboh atau ada
kejadian yang menggemparkan. Dari sana Anda bisa melihat kalau YouTube juga
berlaku tren dan dari tren itu Anda bisa mendulang viewers yang banyak.

Ada dua cara
untuk melihat tren yang terjadi pada YouTube. Pertama dari fitur autocomplete
yang ada di kolom pencarian. Kedua dengan langsung melihat tab trends dan
dibarengi melihat Google Trends. Kadang apa yang heboh di media sosial dan juga
kenal berita online juga bisa
diangkat.

Jadi, membuat
video atau mengkolase berbagai informasi dan gambar agar menjadi video tidak
sembarangan dilakukan. Anda mungkin bisa menciptakan tren tersendiri dari apa
yang dibuat. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan tren itu untuk meningkatkan
jumlah penonton dengan cepat.

1.3. Koleksi Kata Kunci di Google

Sekitar 20-40%
traffic yang masuk ke YouTube berasal dari pencarian organik di Google.
Mengingat porsi pencarian dari sana cukup besar, Anda juga disarankan
menghimpun kata kunci yang banyak digunakan dan sesuai dengan niche yang sedang
Anda kembangkan.

Dengan kata kunci yang tepat dan juga tambahan tren yang sedang terjadi, optimasi bisa dilakukan dengan lebih mudah. Meski demikian, konten orisinal tetap harus dibuat agar kanal YouTube yang Anda buat tidak terkesan copycat atau hanya meniru saja.

Pelajari bagaimana cara riset keyword di artikel 9 Cara Riset Keyword

2. Buat Video dengan Kualitas Terbaik

Sama seperti
Google, algoritma YouTube juga rumit dan sering berubah. Dengan kata kunci yang
sama, bisa saja video Anda pada halaman pencarian kesekian dan miliki orang
lain berada di daftar paling atas.

Dalam pencarian YouTube,
video yang berada di atas adalah video yang dianggap paling sesuai dengan kata
kunci atau relevan. Nah, sebelum melakukan berbagai optimasi mulai dengan
melakukan riset kata kunci, ada baiknya Anda tahu jenis video yang disukai oleh
YouTube itu sendiri, berikut selengkapnya.

2.1. Perbaiki Kualitas Editing

Kualitas editing
juga menentukan apakah video akan menempati peringkat tinggi atau malah
tenggelam di bawah. Kalau teknik editing video
masih buruk, mendapatkan viewer banyak akan sulit kecuali konten di dalamnya
memicu viral dan banyak orang penasaran untuk melihatnya.

2.2. Pastikan Orisinalitas Video

Membuat konten yang original itu penting meski cukup sulit.Kalau Anda melakukan plagiat, YouTube akan mengetahui hal itu. Apalagi kalau ada konten video atau musik yang memiliki hak cipta. Platform bisa langsung menurunkannya  atau tidak bisa dimonetisasi.

Jangan memakai cara yang instan. Lebih baik membuat konten orisinal yang berkualitas. Asal optimasinya baik dan Anda mahir mengaplikasikan langkah SEO YouTube lain, video akan mendapatkan banyak view.

2.3. Perhatikan Durasi

Durasi dari video menentukan apakah nantinya konten mudah diindeks dengan kata kunci tertentu atau tidak. Beberapa orang yang melakukan monetisasi selalu membuat video di atas 5 menit. Video dengan durasi ini juga sudah memiliki syarat untuk dimonetisasi seperti dimunculkan Adsense.

2.4. Buat Thumbnail yang Menarik

Kemasan dari video harus menarik dan memuat siapa saja yang kebetulan menemukannya penasaran. Kemasan ini mencakup thumbnails pada video. Jangan mengunggah video lalu merilisnya tanpa bagian ini. Click bait dalam kata-kata atau hal menarik dari video bisa dimasukkan ke bagian ini.

2.5. Pertimbangkan Selera Penonton

Video yang
berkualitas dibutuhkan untuk membuat banyak orang suka dan akhirnya mau
membagikan atau dilihat beberapa kali. Semakin banyak video dilihat oleh
pengguna YouTube, indeks dari video ini akan sangat baik. Dengan kata kunci
yang sama, video akan mudah tampil pada halaman awal pencarian YouTube.

Semakin besar jumlah subscriber yang Anda miliki, semakin besar pula peluang akan muncul di urutan paling atas. Selain mengelola video, perhatikan juga para penonton agar mereka lebih loyal dan akan terus kembali setiap ada konten baru.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar AdSense YouTube (Terbaru)

3. Optimasi Metadata

Pada pembahasan
sebelumnya Anda banyak mengatakan kata kunci atau keyword. Namun, Anda belum
tahu di mana kata kunci itu harus diletakkan. Apakah harus di dalam video atau
pada deskripsi, caption, tag, atau sejenisnya.

Pada bagian ini
Anda akan membahas bagaimana optimasi SEO YouTube itu dilakukan dan di mana
saja kata kunci di tempatkan. Berikut ulasan selengkapnya

3.1. Selipkan Kata Kunci di Judul

Aturan judul dan
kata kunci juga berlaku pada video yang diunggah di YouTube. Anda harus membuat
judul yang memuat kata kunci, turunannya, atau sinonimnya. Kata kunci pada
judul akan digunakan sebagai umpan saat melakukan pencarian. Semakin relevan
judul dengan kata kunci, kemungkinan besar akan muncul di halaman pertama.

Sebisa mungkin
kata kunci berada di beberapa karakter bagian depan. Umumnya ada batasan
sekitar 60 karakter. Kalau lebih dari itu, judul akan otomatis terpotong di
hasil pencarian YouTube. Hal ini tentu akan sangat disayangkan, apalagi kalau
kontennya memang berkualitas.

Selanjutnya,
usahakan judul yang berisi kata kunci relevan dengan isi dari video. Kalau
tidak relevan dan hanya bermain-main dengan click
bait
, bisa saja video Anda akan diturunkan atau mendapatkan report. Kalaupun
ada click bait, usahakan tetap
relevan dengan konten yang disajikan.

3.2. Optimasi Deskripsi Video

Selain pada
judul, kata kunci yang ditargetkan juga harus muncul pada deskripsi. Apa pun
yang terjadi, jangan biarkan kolom deskripsi yang panjangnya sampai 1.000
karakter ini kosong. Berikan deskripsi sesuai dengan video atau masukkan CTA (call to action) atau ajakan.

Dalam membuat
deskripsi, usahakan untuk memasukkan kata kunci yang ditargetkan di 100
karakter pertama atau 2-3 baris pertama. Bagian itu akan muncul pada video
sebelum penonton melakukan klik pada tulisan “Show more”. Usahakan kata kunci,
CTA, atau hal penting lainnya ada pada bagian itu.

Beberapa orang
juga memberikan transkrip dari kata-kata yang muncul dari video. Dari sana Anda
juga bisa memasukkan kata kunci yang sesuai. Lakukan dengan benar dan hati-hati
dan jangan sampai kata kunci yang ditargetkan justru saltik atau typo.

3.3. Masukkan Tag yang Tepat

cara mendapatkan uang dari youtube

Kata kunci tidak
hanya dimasukkan pada deskripsi dan juga judul. Optimasi di dalam mesin juga
harus dilakukan. Anda juga perlu memasukkan kata kunci yang sesuai dengan video
dan kata kunci lain yang terkait di tag. Tag membantu Google dan YouTube untuk
memahami konteks video Anda. Kalau kata kunci dimaksimalkan pada dua hal itu,
optimasi bisa berjalan lancar.

3.4. Berikan Hashtag yang Sesuai

Selain tag yang
tidak terlihat dari luar, Anda juga harus memasukkan tagar atau hashtag yang
sesuai. Hashtag ini keluar di bagian
atas judul berupa tanda pagar diikuti dengan berbagai kata yang sesuai. Saat
tagar diklik, YouTube akan menampilkan video dengan tagar serupa sehingga
pencarian jadi lebih spesifik.

3.5. Buat Thumbnail yang Sesuai dengan Isi Video

Teknologi dari
Google dan turunannya termasuk YouTube sudah sangat canggih dan bisa mengenali
objek seperti tulisan di dalam gambar. Oleh karena itu Anda disarankan menaruh
kata kunci atau yang berhubungan di thumbnail. Letakkan secara proporsional dan
jangan berlebihan.

4. Promosikan Video

Setelah melakukan
berbagai cara SEO YouTube di atas, apakah tugas ini sudah selesai? Jawabannya
tentu tidak. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menarik banyak penonton
video. Cara itu dilakukan dengan melakukan promosi. Berikut beberapa cara
promosi video yang tepat.

4.1. Gunakan Media Sosial yang Tepat

Media sosial memiliki peranan cukup penting untuk melakukan content marketing dalam bentuk apa pun termasuk video. Anda cukup melakukan share di media sosial yang Anda miliki seperti Twitter atau Instagram.

Berikan link dan footage video yang berisi ringkasan atau bagian-bagian yang bisa
membuat orang penasaran. Dengan melakukan itu mereka akan tertarik melakukan
klik. Cara ini cukup efektif meski tidak sesignifikan dari pencarian organik di
YouTube itu sendiri,

4.2. Buat Komunitas

Kalau channel
atau kanal yang dimiliki sudah besar dan memiliki basis penggemar yang besar,
ada baiknya untuk mulai menjalin komunikasi. Anda bisa memberikan balasan pada
kolom komentar atau kalau sudah banyak cukup melakukan like sebagai tanda ada interaksi yang terjadi.

4.3. Iklankan Video Anda

Kalau video yang dibuat digunakan untuk kampanye produk dengan dana yang besar, tentu dengan posting saja tidak cukup. Karena tujuannya adalah mendapatkan banyak jangkauan, iklan bisa diterapkan. Anda bisa mempromosikan video Anda melalui layanan iklan Google AdSense. Dengan Google AdSense, Anda bisa menentukan di mana iklan akan ditampilkan, salah satunya adalah YouTube.

5. Evaluasi Video YouTube Anda

Setelah menjalankan keempat langkah di atas, masih ada satu langkah lagi yang tidak kalah penting, yaitu evaluasi. Anda perlu melakukan evaluasi pada semua video yang sudah Anda rilis.

Bagaimana cara melakukan evaluasi video YouTube di channel Anda?

Tenang, YouTube sudah menyediakan analytics tool. Cukup buka Studio YouTube Anda lalu arahkan kursor ke bagian kiri dan klik Analytics. Anda akan mendapati gambar seperti ini

Di situ Anda akan mendapatkan data analytics semua video Anda. Dari jumlah view, waktu tonton, jumlah subscriber, jangkauan setiap video, hingga engagement setiap video.

Dengan adanya data tersebut, Anda bisa menganalisis apa yang perlu Anda tingkatkan pada pembuatan video-video selanjutnya. Jadi Anda tidak merencanakan pembuatan video hanya berdasarkan asumsi, tetapi juga berdasarkan data dari video-video sebelumnya.

Sudah Siap Menerapkan SEO YouTube?

YouTube awalnya dirilis untuk
mengakomodasi semua keinginan masyarakat akan video yang baik dan bisa diakses
dari mana saja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, YouTube berubah
seperti halnya mesin pencari dan juga platform untuk mencari penghasilan pasif.

Dengan
memaksimalkan SEO pada video YouTube yang Anda miliki traffic akan naik dan kemungkinan besar meningkatkan Adsense yang
didapatkan. Selain memaksimalkan hal teknis di atas, hal paling penting dari
membuat konten adalah kualitas.

Meski tidak semua
video kualitas memiliki view yang
tinggi, setidaknya video itu worth to
share
. Kalau video memang layak dan optimasi di atas bisa dilakukan dengan
baik, Anda siap-siap mendulang banyak view, penghasilan, dan penonton loyal
yang akan melakukan subscribe.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang akan memulai karier di dunia sosial video terbesar di dunia, YouTube.

[Download Ebook Gratis: 30 Langkah Ampuh Optimasi SEO]

Source:niagahoster.com

No comments:

Post a Comment

Cara Mengatasi Error Are You Sure You Want To Do This Di Wordpress

Cara Mengatasi Error "Are You Sure You Want To Do This" di WordPress Cara Mengatasi Error “Are You Sure You Want To Do This” di Wo...