Popular Posts

Monday, July 18, 2016

Strategi Pemasaran Online Untuk Bisnis Online

Strategi Pemasaran Online UKM: Raih Omzet 50 Juta dengan Cara Ini

Strategi Pemasaran Online UKM: Raih Omzet 50 Juta dengan Cara Ini

Kami berusaha menyediakan website yang berguna untuk pengetahuan para pembaca, panduan singkat dan sederhana ini semoga menjadi jalan bagi kalian yang mengalami kesulitan dalam membuat blog di dunia maya, kami mengambil sumber dari blog Panduan Blog Online.com seandainya kalian berkenan langsung mengunjungi website tersebut, selamat menikmati!

Pemasaran Online

Benar, saya sudah menyaksikan langsung bagaimana pemula dalam bisnis, yang awalnya tidak mengerti apa-apa, lalu menerapkan strategi pemasaran online yang tepat, akhirnya membuat omzet minimal 50 juta per hari bisa selalu muncul di halaman admin websitenya- dan terus bertambah!

Bila Anda juga seorang pemula, semoga artikel ini mampu menuntun Anda untuk mencapai level yang sama bahkan lebih! PS: Anda boleh tanyakan apapun bila kurang paham πŸ™‚


Menentukan Strategi Pemasaran Online yang Tepat untuk Bisnis Anda…

Hari ini, Anda dan hampir semua orang sudah menggunakan internet. Menurut Google, kini 97% orang akan mencari informasi di internet.

Dulu, bila Anda ingin membeli tas model baru, Anda bisa datang ke toko atau mall untuk membeli langsung. Saat ini, kemudahan belanja tas online, ada dalam dalam genggaman. Salah satu faktor penyebab ini semua bisa terjadi adalah karena semakin banyak orang yang memahami strategi pemasaran online atau marketing online untuk bisnis online mereka.

Indonesia termasuk negara dengan pertumbuhan ekonomi internet terpesat di Asia. Hal ini dikuatkan oleh Google yang mencatat pada tahun 2013 hanya 13% penduduk Indonesia yang mengakses internet dan meningkat menjadi 56% pada tahun 2017. Penggunaan internet harian juga meningkat pesat, dari 49% pada tahun 2013 meningkat menjadi 79% pada tahun 2017. Pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi internet di Indonesia mencapai $27 milliar. Hal ini menunjukkan bahwa pemasaran melalui media internet juga mengalami pertumbuhan signifikan.

Anda hanya perlu mencari tas yang Anda inginkan di mesin pencari/marketplace seperti Tokopedia/BukaLapak/OLX, membandingkan harga, kualitas dan review orang lain, bayar dan terima barang. Semua hanya dengan duduk manis di rumah. Ini dinamakan ZMOT (Zero Moment of Truth), siapa yang paling mudah ditemukan di internet, berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Internet & teknologi sudah mengubah perilaku manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Mengubah cara Anda belajar, mendapatkan informasi hingga belanja.

strategi pemasaran online

“Seratus tiga puluh lima juta penduduk Indonesia..” – Rhoma Irama

Di tahun 2016 ini, petikan lagu Rhoma Irama tersebut sudah berubah menjadi sekitar 255 juta. Jumlah yang besar bukan?

Di antaranya, ada lebih dari 55 juta UKM di Indonesia hingga hari ini, namun sadarkah Anda bahwa hanya sebagian kecil saja yang baru online? Jumlah ini terus bertambah mengingat semakin banyaknya orang yang memulai pemasaran online sendiri.

Mungkin, Anda adalah salah satunya.

Bila data di atas terlalu berat untuk Anda, saya sudah persiapkan data kasar pengguna Facebook di Indonesia. Data ini juga bisa Anda ambil dari Facebook Insight. Penjelasan lengkap caranya, akan saya tulis di artikel lainnya untuk Anda:

strategi pemasaran online

Bayangkan, jika Anda bisa menjual produk/layanan Anda melalui internet.

Sudah? πŸ™‚

Angka ini, hanya melalui 1 jalur pemasaran online saja, hanya Facebook ke website. Ada banyak contoh strategi pemasaran jalur lain yang bisa digunakan, dan ada ratusan juta lagi yang juga mencari Anda di Internet yang menjadi peluang bisnis online tiap hari bertambah.

Bayangkan juga, bagaimana jika Anda tidak online dan kehilangan potensi yang sangat besar ini!

Jika calon pelanggan mencari Anda di internet, mengapa Anda tidak online?

[ecko_alert color=”red”]Penting: Setelah bagian ini, Anda akan banyak menemukan istilah/strategi yang mungkin baru Anda kenal. Anda tidak perlu khawatir, karena Anda boleh diskusikan di kolom komentar, bila Anda sudah coba mencari di Google namun masih belum paham.[/ecko_alert]

Apa Strategi Pemasaran Online Terbaik?

Strategi marketing terbaik dapat memberikan hasil yang maksimal dengan menggunakan biaya se-efektif mungkin. Berikut adalah beberapa cara pemasaran online yang dapat Anda gunakan.

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah salah satu strategi marketing yang dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau. Dengan melakukan optimasi pada website memungkinkan website Anda muncul dihalaman pencarian search engine dan mendapatkan pengunjung yang kemungkinan besar menginginkan produk Anda. Anda dapat mempelajari SEO lebih lanjut di artikel Apa itu SEO dan Bagaimana Konsep Dasarnya?.

2. SEM (Search Engine Marketing)

SEM memiliki media yang sama dengan SEO yaitu search engine. Namun yang membedakannya adalah ketika menggunakan SEM sebagai strategi pemasaran online, posisi iklan website Anda berada paling atas sehingga kemungkinan seseorang untuk melihat iklan Anda jauh lebih besar. Akan tetapi biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemasaran seperti ini terbilang lumayan tergantung kata kunci yang Anda targetkan.

3. Social Media Marketing

Tidak diragukan lagi sosial media memiliki dampak yang signifikan jika digunakan untuk melakukan pemasaran. Anda harus mengetahui sosial media mana yang tepat untuk memasarkan produk Anda. Dengan membuat content marketing yang tepat, maka Anda akan mendapatkan calon pelanggan yang tepat dan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

4. Affiliate Marketing

Ini adalah strategi pemasaran online yang saling menguntungkan. Hal ini dikarenakan Anda akan berbagi keuntungan dengan pebisnis lain untuk setiap produk yang terjual. Pada umumnya seseorang akan bekerjasama dengan blogger dan menggunakan blog untuk melakukan pemasarannya. Iklan bisa berupa banner atau artikel review. Ketika pengunjung blog tertarik dengan produk Anda dan melakukan pemesanan, makan hasil dari penjualan akan dibagi sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Manfaat Merancang Strategi Pemasaran Online

7 hari, 24 jam bekerja untuk Anda

strategi pemasaran online

Mari kita anggap biaya untuk menggaji tenaga pemasar (marketing) adalah sekitar Rp 1.000.000,- per bulan, bekerja hanya 8 jam per hari. Dengan memiliki website bisnis online, artinya Anda punya tenaga pemasar yang bersedia bekerja selama 24 jam, dengan biaya yang jauh lebih murah!

Anda juga mungkin juga setuju, bahwa tidak ada orang yang mau bekerja selama 24 jam, apalagi dengan biaya yang lebih murah, ‘kan?

Jarak tidak lagi menjadi hambatan

strategi pemasaran online

Di awal, kita mengambil contoh penjual tas online.

Bayangkan, jika Anda adalah penjual tas tersebut, harus berkeliling kota mempromosikan produk tas kulit Anda. Berapa besar biaya pemasaran yang harus Anda keluarkan? Otomatis ini akan menambah harga tas, kan?

Dengan online, Anda bisa menggunakan Google AdWords/Facebook untuk menampilkan iklan tas kulit, kepada ribuan orang yang tertarik pada tas, di kota yang Anda inginkan, hanya dengan biaya minimal Rp 10.000,- saja!

Anda mau, kan belajar pemasaran online? Tenang! Kita akan membahas ini di artikel lainnya. Tetap simak tulisan lainnya ya.

Modal lebih hemat

strategi pemasaran online

Bayangkan.

Menyewa ruko/toko, Anda akan butuh minimal 10-30 juta rupiah per tahun.

Sementara itu, jika Anda memulai bisnis online bermodalkan website seharga kurang dari 3 juta rupiah, Anda sudah bisa online dan berbisnis! Apalagi bila Anda mau belajar membuat website sendiri (membayar dengan tenaga & waktu belajar), tentu biayanya jauh lebih hemat.

Jika Anda menjual jasa, calon konsumen bisa menghubungi Anda langsung dari website dan diskusi via telepon.

Anda bisa mengunduh ebook Tutorial Pembuatan Website ini bila ingin belajar membuat website sendiri.

[ecko_button color=”green” size=”large” url=”https://www.niagahoster.co.id/ebook/tutorial-wordpress-untuk-pemula-part1″]Download Ebook Pembuatan Website[/ecko_button]

Bisnis dari mana saja

strategi pemasaran online

Mungkin, Anda pernah mendengar cerita, banyak pebisnis yang menghasilkan omzet ratusan juta hingga milyaran per bulan hanya dengan bekerja dari rumah saja.

Modalnya hanya smartphone, laptop & internet!

Ada yang single fighter (seorang diri), ada juga yang dengan tim (customer service, dll). Bekerja dimanapun, kapanpun.

Mereka bisa, insyaallah Anda pun bisa. Banyak ide pemasaran online yang bisa di ikuti.

Bila bisnis Anda tidak online ?

Anda menggunakan smartphone, mengakses internet minimal satu kali dalam sehari. Begitu juga dengan orang lain dan calon konsumen Anda.

Hari ini dunia sudah berubah, perilaku manusia juga berubah dengan adanya teknologi & internet. Mencari informasi sebelum membeli produk apapun, termasuk produk Anda, akan banyak dilakukan melalui internet.

Air yang diam, akan keruh. Air yang mengalir, akan jernih.

Dari sisi bisnis, menghadirkan pemasaran online Anda dengan cara yang tepat adalah bagian dari perubahan, menyesuaikan diri dengan perkembangan.

Anda harus mampu beradaptasi dengan cepat, atau akan tertinggal.

Lebih buruk lagi, kompetitor akan tertawa girang karena Anda masih belum online dengan benar. Tidak peduli walaupun sebenarnya kualitas produk Anda jauh lebih baik.

Siapa yang Harus Online dan Bagaimana Strategi Pemasaran Online nya?

Jawabannya: Semua orang. Semua bisnis.

Wikipedia menyampaikan bahwa inti bisnis adalah menjual barang/jasa untuk mendapatkan keuntungan.

Bila sampai bagian ini Anda masih belum mendapatkan bayangan mengenai bagaimana internet bisa membantu Anda untuk naik kelas dalam bisnis, izinkan saya menceritakan macam-macam bisnis online beserta studi kasusnya πŸ™‚

[ecko_alert color=”red”]Bila jenis bisnis Anda tidak ada dalam pembahasan ini, Anda bisa sampaikan di kolom komentar untuk dibahas di artikel lainnya.[/ecko_alert]

Penjual Tas Kulit

strategi pemasaran online

Apabila Anda adalah penjual tas kulit dan sejenisnya, Anda dapat menjual minimal 2x lebih banyak tas kepada lebih banyak orang di kota dan negara lain. Strategi pemasaran online yang dilakukan adalah:

  1. Tampilkan produk tas yang Anda miliki di website.
  2. Pastikan nomor kontak/formulir kontak/keranjang belanja Anda bekerja dengan baik.
  3. Gunakan iklan Facebook untuk mengiklankan ke jutaan orang yang menyukai tas kulit atau letak produk Anda di marketplace seperti Bukalapak/Tokopedia/dll.
  4. Bersiaplah menerima order Anda.

Ingat, pastikan Anda menggunakan fitur retargeting untuk iklan, agar iklan menjadi lebih efektif untuk jangka panjang, ya..

Dokter

strategi pemasaran online

Apabila Anda memiliki klinik spesialist/kesehatan, ilmu Anda tentang penyakit adalah salah satu kunci utama. Dengan menyediakan informasi tentang penyakit, akan menjadi gerbang masuk para calon pasien yang sedang membutuhkan bantuan Anda (content marketing).

Sebab, perilaku online orang sakit adalah dengan mencari informasi penyakit tersebut di Google beserta obatnya. Di momen tersebut-lah tulisan Anda harus hadir di internet. Apa strategi pemasaran online yang tepat?

Sebagai contoh, bila Anda memiliki klinik impotensi, mari kita simak data berikut:

strategi pemasaran online

Anda bisa ambil data seperti ini dari Google Keyword Planner. Saya akan membahas lebih lengkap untuk Anda di artikel lainnya.

Bayangkan, jika Anda dapat menyediakan konten bermanfaat berisi penjelasan tentang impotensi di website Anda, yang mungkin dibaca oleh lebih dari 5000 orang per bulan, dan mereka tahu bahwa Anda bisa membantu mereka, di sanalah harta karun Anda!

Selain melakukan content marketing, Anda juga perlu mengoptimalkan website sebaik mungkin, agar bisa tampil responsif/mobile-friendly (tampil dengan baik di ukuran layar laptop & smartphone), sehingga calon pasien tidak akan terhambat saat ini membuat janji berkunjung dengan Anda.

Website Anda juga harus terdaftar di Google Place, agar mudah direkomendasikan oleh Google kapan pun pencarian dilakukan. Sisanya, Anda sendirilah penentunya.

Kontraktor

strategi pemasaran online

Apabila Anda adalah seorang kontraktor, selain harus mobile-friendly, pastikan website Anda mampu menjelaskan dengan rinci profil bisnis Anda, proyek yang pernah Anda kerjakan (akan lebih baik bila disertai komentar kepuasan pelanggan Anda), serta memiliki nomor kontak aktif yang jelas terlihat.

Anda perlu tahu bahwa ada jutaan bisnis di internet, yang memiliki website namun sulit sekali menemukan kontaknya. Kita bisa belajar dari itu.

Setelah website Anda siap, penggunaan SEO (Search Engine Optimization/Optimasi Mesin Pencari) dan iklan PPC (pay-per-click/bayar-per-klik) seperti Google AdWords akan sangat efektif bila Anda ingin ribuan orang yang mencari kontraktor ini berpotensi melihat website Anda:

strategi pemasaran online

Restoran

strategi pemasaran online

Bila Anda berbisnis restoran, jangan lupa tampilkan menu & foto-foto makanan secara profesional pada website. Sewa fotografer makanan professional sebagai investasi jangka panjang.

Bila Anda memiliki program diskon, berikan pada calon pelanggan dengan cara menukarkan email mereka dengan kupon diskon. Ini salah satu cara membangun database pelanggan Anda (list building).

Hal terpenting, pastikan website dan bisnis Anda sudah terverifikasi di Google Maps & My Business. Ingin hasil lebih cepat? Anda bisa menggunakan iklan berbayar Google AdWords/Facebook Ads. Dengan biaya minimal Rp 10.000,- saja, sudah bisa mempromosikan restoran dan menu Anda pada orang-orang di sekitar restoran.

Itulah strategi pemasaran online yang tepat untuk bisnis restoran. Anda tentu senang bila Google merekomendasikan restoran Anda kepada orang-orang di kota Anda, bukan? Segera coba setelah Anda selesai membaca tulisan ini.

Anda boleh diskusikan progress-nya dengan di kolom komentar di halaman ini.

Sekolah/Lembaga Kursus

strategi pemasaran online

Sekolah/lembaga kursus, sangat disarankan untuk tampil dengan baik di direktori Google Places (sebenarnya semua bisnis online juga sebaiknya begini).

Bayangkan jika lembaga Anda bisa direkomendasikan oleh Google sebaik ini. Menarik sekali, bukan? Anda akan tampil lebih kredibel, apalagi bila website Anda juga didesain dengan profesional. Apa strategi pemasaran online yang cocok untuk bisnis ini?

strategi pemasaran online

Setelah website selesai dan dapat tampil dengan baik di Google Places, Anda dapat menggunakan iklan Facebook untuk menjangkau target di kota Anda.

Contohnya kursus mobil di kota Malang.

Iklankan website bisnis Anda dengan menargetkan kepada orang-orang berumur 18 – 30 tahun atau 31 – 45 tahun, yang mungkin akan belajar mobil (Anda lebih paham, umur berapa biasanya orang yang ingin belajar mobil).

Targetkan agar iklan Anda hanya muncul di kota Malang & sekitarnya saja (area target Anda).

Ingat, pastikan website Anda bisa diakses dengan baik dan lancar & kontak Anda cukup jelas dan dapat dihubungi.

Saran saya, segera lakukan setelah Anda selesai membaca tulisan ini.

Baca Juga: Panduan Dasar Domain untuk Pemula

Data selalu membayangi fakta

Pernahkah Anda mengetahui istilah “Pasar Bebas ASEAN” yang sudah diberlakukan beberapa waktu belakangan ini?

Sebelum Anda menjawabnya, mari kita pahami bersama bahwa…

Saat memutuskan untuk online, Anda akan mulai terbiasa dengan sebuah istilah yang bernama “data”.

Ya, dengan adanya data, Anda akan sangat terbantu sekali dalam mengambil segala keputusan dalam cara pemasaran online. Dengan data juga, Anda dapat bermanuver dan tumbuh besar. Sebab, data adalah fakta di medan perang persaingan bisnis Anda.

Marketing tanpa data adalah seperti berkendara dengan mata tertutup – Dan Zarella

Bayangkan, mengendarai motor dengan mata terbuka saja Anda masih berpotensi kecelakaan, apalagi dengan mata tertutup!

Misalnya Anda ingin memanfaatkan momentum pokemon untuk menjual barang-barang terkait Pokemon secara dropship internasional, Anda perlu memahami data, dimana saja Pokemon menjadi trend.

Mari perhatikan data yang sudah saya ambil dari Google berikut. Anda juga bisa mendapatkan data seperti ini dari Google Trends. Saya akan membahasnya lebih detail untuk Anda di artikel lainnya.

Data seperti ini, bila memahaminya, maka Anda bisa menentukan kemana target promosi iklan akan Anda lakukan.

Google Analytic

Kemudian, saat memilih media apa yang tepat digunakan untuk pemasaran online setelah memiliki website, Anda setidaknya harus memiliki data siapa target konsumen yang akan membeli produk Anda, berapa umurnya, apa kebiasan mereka, serta dimana mereka berada.

jual-iphone

Untuk memutuskan kapan harus menambah budget iklan, Anda perlu membandingkan jenis iklan seperti apa yang memiliki performa paling bagus berdasarkan hasil split-test (percobaan) Anda.

Untuk menentukan kata kunci apa yang perlu dioptimasi untuk website, Anda perlu data kata kunci yang paling banyak dicari beserta persaingannya.

strategi pemasaran online

Apa hubungannya?

Sederhananya begini, setelah diberlakukannya kesepakatan pasar bebas antara negara-negara ASEAN, Anda dapat menjual produk Anda ke Vietnam tanpa pajak dan biaya-biaya menyulitkan lainnya.

Begitu juga dengan negara-negara ASEAN lainnya, mereka dapat “mengambil pasar Anda di Indonesia”. Bahasa lainnya, kompetitor Anda tidak hanya dari Indonesia saja, namun juga dari negara lainnya.

Bayangkan, bila Anda tidak online, bagaimana mungkin produk Anda yang sangat bagus itu bisa diketahui oleh calon konsumen dari Indonesia? Terlebih dari negara ASEAN lainnya.

Ternyata, banyak yang sudah berhasil..!

3156 order hijab, hanya dalam 5 menit. Menarik?

Insyaallah Anda bisa! Semuanya bermula dari online.

Kalau yang Anda miliki adalah skill khusus, apa Anda pernah dengar “Kampung Designer” di Magelang?

strategi pemasaran online

Ini adalah fakta menarik, bagaimana akhirnya pemuda desa bisa menjadi produktif dengan belajar desain dan memasarkan jasanya di luar negeri.

Dari Magelang ke luar negeri? Bisa, kan ada internet πŸ˜‰

Tips Pemasaran Online, Sekarang Saatnya!

Sarannya adalah, mulailah langkah pertama Anda..

1. Amankan nama domain bisnis Anda.

Di awal, ini adalah hal yang paling penting. Saya serius, ini penting be-ge-te.

Domain adalah identitas Anda di internet. Bayangkan bila nama bisnis Anda sampai diambil orang lain, tentu Anda yang akan paling rugi.

Buat website, lebih awal, lebih baik. Website adalah kantor/toko Anda di internet. Sebelum melakukan promosi apapun, buat website Anda sesederhana mungkin, seinformatif mungkin, namun tetap semenarik mungkin, sesegera mungkin. Hal-hal teknis yang saya sebutkan di atas, akan menjadi sangat mungkin Anda miliki, dengan sangat mudah, bila sudah memiliki website.

Domain Murah untuk Website Anda – Jangan tunggu digunakan kompetitor Anda – Daftar Sekarang – Mulai Rp 14rb

2. Mulai saja dengan WordPress

Mungkin Anda merasa kesulitan karena harus membuat website.

Namun tahukah Anda bahwa ada sangat banyak sekali jasa pembuatan website yang dapat Anda pilih. Bahkan, Anda bisa membuatnya sendiri dengan WordPress Hosting. Kami sudah persiapkan panduannya untuk Anda.

[ecko_button color=”green” size=”large” url=”https://www.niagahoster.co.id/ebook”]Download Gratis Panduan Membuat Website Disini[/ecko_button]

3. Mulai berpromosi dari yang Anda bisa

Dalam pemasaran online, Anda bisa memilih. Melakukan semuanya sendiri (membayar dengan tenaga & waktu). Atau, menyewa orang lain untuk memasarkan bisnis Anda (membayar dengan uang). Jika Anda memiliki budget, Anda dapat mulai dari iklan Facebook/Google AdWords.

Bila Anda minim budget, Anda dapat mulai dengan mempelajari cara mendatangkan pengunjung tanpa berbayar untuk website Anda.

4. Keranjang belanja atau profile biasa?

Mulai saja di awal, sempurnakan kemudian.

Apabila jenis produk Anda ada banyak sekali, Anda boleh menggunakan fitur keranjang belanja. Namun jika Anda kesulitan untuk mengaturnya, Anda dapat jadikan website Anda untuk menampilkan katalog produk-produk Anda, tanpa keranjang belanja.

Ingat video 3150 order dalam 5 menit di atas?
Mereka hanya mulai dari Instagram & website sederhana.

5. Dapatkan kontak calon pelanggan Anda.

Anda pernah download ebook gratis yang dikirim ke email Anda?

Sebenarnya tidak benar-benar gratis, namun Anda menukar ebook dengan alamat email Anda, agar dapat dihubungi sewaktu-waktu. Kita akan membahasa mengenai email marketing di artikel lainnya.

Mulailah sekarang juga.

Tidak ada yang lebih buruk daripada “tidak memulai”

Saya yakin Anda mungkin masih asing dengan penjelasan panjang saya di atas. Anda tidak perlu khawatir. Di artikel lainnya saya akan membantu Anda memahami lebih dalam.

Anda juga boleh diskusi dengan saya, di kolom komentar di bawah ini.
Tanyakan apapun tentang pemasaran online. Insyaallah sebisa mungkin saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda! πŸ™‚

Syaratnya:

Mulai sekarang juga, agar tidak tertinggal.

Sekarang, internet insyaallah bisa diakses dengan mudah, wifi dimana-mana. Saya sangat merekomendasikan Anda untuk tidak bingung, tidak ribet, untuk bisa memulai πŸ™‚ Mulailah dengan mencari di Google, bila masih bingung Anda bisa tanyakan pada orang yang ahli pada bidangnya.

Ngomong-omong, Orang-orang ini mendukung Anda untuk segera action!
http://www.brainyquote.com/quotes/keywords/procrastination.html

My biggest regret could be summed up in one word, and that’s procrastination.

Source:niagahoster.com

No comments:

Post a Comment

Cara Mengatasi Error Are You Sure You Want To Do This Di Wordpress

Cara Mengatasi Error "Are You Sure You Want To Do This" di WordPress Cara Mengatasi Error “Are You Sure You Want To Do This” di Wo...