Popular Posts

Friday, October 28, 2016

Sesi 1 On 1 Niagahoster

Sesi 1 on 1: Budaya Panduan Blog Online Menjembatani Atasan dan Bawahan

Sesi 1 on 1: Budaya Panduan Blog Online Menembus Batas Status “Atasan dan Bawahan” 

Kami berusaha menyediakan website yang berguna untuk pengetahuan para pembaca, panduan singkat dan sederhana ini semoga menjadi jalan bagi kalian yang mengalami kesulitan dalam membuat blog di dunia maya, kami mengambil sumber dari blog Panduan Blog Online.com seandainya kalian berkenan langsung mengunjungi website tersebut, selamat menikmati!

sesi 1 on 1

Sesi 1 on 1 adalah salah satu aktivitas rutin yang menjadi budaya di Panduan Blog Online. Setiap bulan, manajer akan melakukan sesi privat ini kepada semua yang menjadi bawahan langsungnya. Sesi ini menjadi salah satu media melakukan feedback dari atasan kepada bawahan dan sebaliknya. Semua dilakukan dalam situasi nyaman dan saling respect dari kedua belah pihak. Bagaimana proses ini berjalan? Dan seperti apa dampaknya?

Sesi 1 on 1 Guna Menyamakan Perspektif dalam Mencapai Tujuan

Sesi 1 on 1 diagendakan rutin oleh manajer kepada para direct report (bawahan langsung)-nya setiap bulan. Sesuai dengan namanya sesi ini hanya terdiri dari manajer dan seorang direct report-nya. Salah satu manfaat dari sesi 1 on 1 yang rutin adalah evaluasi performa dari karyawan dan untuk menyamakan perspektif dalam mencapai objektif bersama. 

Dalam sesi ini, feedback juga saling diberikan secara gamblang antara kedua belah pihak. Tentunya dalam lingkup profesionalitas, kemudahan dan kejujuran dalam memberikan feedback akan memudahkan proses kerja dan terjalinnya hubungan yang baik dan saling percaya antara manajer dan bawahannya. 

“Sesi 1 on 1 menjadi kebiasaan yang penting untuk membantu peran manajerial. Saya diwajibkan untuk melakukan monitoring dan mentoring terhadap performa anggota tim saya dan tidak terbatas hanya pada hal itu. Aspek lain seperti motivasi, isu persona dan banyak hal yang berpengaruh ke perjalanan karir juga menjadi perhatian para manajer ketika melakukan sesi 1 on 1. Melalui sesi ini saya dan para anggota tim mengembangkan diri bersama-sama dan menginspirasi saya untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.”

-Rheinjani Dora, Head of People and Office Operation. 

1 on 1 untuk Membantu Kesulitan Karyawan dalam Melakukan Pekerjaan

Karyawan juga dapat dengan bebas mengutarakan apa yang menjadi hambatan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Melalui sesi ini seorang manajer bisa mendalami kesulitan-kesulitan tersebut dan membantu mengarahkan karyawan memecahkan masalahnya. 

Sesi 1 on 1 juga tidak terbatas pada hal profesional. Terkadang ada hal-hal personal yang bisa jadi menghambat karyawan melaksanakan pekerjaannya. Jika karyawan berkenan, mereka juga bisa mengungkapkan hal ini kepada manajernya, sehingga bisa dibicarakan apa yang bisa dilakukan dari sisi pekerjaan untuk mengakomodir hal tersebut. 

“Menurutku sesi ini efektif untuk tempatku banyak curhat dan tanya-tanya. Dulu punya kesulitan tertentu terkait pekerjaan sebagai customer success agent karena hal yang teknis. Namun setelah sering sharing dengan team leader, banyak diberikan input dan contoh-contoh untuk membantu memahami masalah yang aku alami. Sekarang bekerja jadi lebih mudah.”

-Noviantika, Customer Success Agent

1 on 1 Sebagai Perwujudan Budaya Kerja Panduan Blog Online

Budaya keberanian dan keterusterangan adalah salah satu dari 10 budaya kerja di Panduan Blog Online. Budaya itu menjadi kunci utama sesi 1 on 1 bisa berjalan dengan baik. Baik dari sisi manajer maupun karyawan yang melakukannya, harus bisa saling terbuka tentang feedback, kesulitan atau bahkan recognition pencapaian yang sudah dilakukan. 

Dengan memelihara budaya ini, diharapkan tidak ada lagi dinding pembatas antara manajer dan karyawan yang akhirnya malah menyulitkan proses kerja dan kolaborasi sehari-hari. Semua bisa tersampaikan dengan jelas, tanpa prasangka dan juga menjaga kohesivitas tim yang baik. 

Source:niagahoster.com

No comments:

Post a Comment

Cara Mengatasi Error Are You Sure You Want To Do This Di Wordpress

Cara Mengatasi Error "Are You Sure You Want To Do This" di WordPress Cara Mengatasi Error “Are You Sure You Want To Do This” di Wo...