Cara Membuat WordPress (Tutorial Lengkap) – Panduan Blog Online Cara Membuat WordPress (Tutorial Lengkap) Kami berusaha menyediakan website ...
Wednesday, May 24, 2017
Twitter Marketing
Strategi Jitu Memulai Twitter Marketing – Panduan Blog Online
Strategi Jitu Memulai Twitter Marketing
Kami berusaha menyediakan website yang berguna untuk pengetahuan para pembaca, panduan singkat dan sederhana ini semoga menjadi jalan bagi kalian yang mengalami kesulitan dalam membuat blog di dunia maya, kami mengambil sumber dari blog Panduan Blog Online.com seandainya kalian berkenan langsung mengunjungi website tersebut, selamat menikmati!
Twitter kembali populer digunakan di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan lonjakan market shareTwitter dari yang hanya 8,73% di November 2018 ke 39% dalam waktu dua bulan.
Angka-angka tersebut bukan hanya menguntungkan bagi Twitter. Anda pun bisa memanfaatkan kepopuleran media sosial satu ini untuk mempromosikan usaha Anda. Bagaimana caranya? Artikel ini merangkum strategi jitu untuk memulai Twitter marketing.
Dibandingkan media sosial lain seperti Instagram dan Facebook, Twitter memiliki cara unik untuk menggaet calon klien kepada Anda. Dengan fitur yang mudah dan simpel, marketing online Twitter mengedepankan engagement Anda dengan calon klien.
Meski terdengar remeh, nyatanya komunikasi personal antara pemilik bisnis dengan calon klien memegang peranan penting. Setidaknya 33% calon klien berinteraksi dengan sebuah usaha melalui Twitter sebelum memutuskan melakukan pembelian.
Selain itu Twitter marketing memiliki kelebihan dibandingkan marketing di media sosial lainnya. Marketing di Twitter disebut lebih efektif dibandingkan dengan iklan televisi pada saat siaran langsung. Hal ini karena banyak orang yang menonton siaran langsung sambil berkomentar di Twitter.
Di lain sisi, sebanyak 31% orang mengaku lebih mudah mengingat apa yang ada di Twitter dibandingkan melalui mesin pencarian biasa. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan untuk brand awareness bisnis Anda.
Berita baik lainnya adalah Twitter cukup ramah bagi pengguna barunya. Anda tak perlu susah payah membangun reputasi dengan membeli pengikut seperti di Instagram.
Fitur di Twitter memungkinkan Anda mendapatkan eksposur dengan berbagai cara, yaitu rekomendasi who to follow, balasan tweet, promoted tweet, retweet, hashtag, percakapan di tweet, dan akun yang diikuti.
Berikut kami merangkum strategi-strategi jitu untuk memulai marketing di Twitter. Cara marketing di twitter yang kami berikan tidak hanya soal penampilan visual, tetapi juga hal-hal teknis dan kreatif lainnya.
Supaya lebih mudah dipahami, kami juga menunjukkan contoh-contoh bagaimana strategi marketing di twitter yang diterapkan oleh berbagai bisnis di Indonesia.
Maksimalkan Profil
Tampilan profil adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Ibarat orang, profil adalah wajah dari usaha Anda. Bagian itulah yang pertama kali dilihat dan menentukan reputasi bisnis Anda.
Username
Strategi Twitter Marketing selanjutnya tidak kalah penting. Pastikan Anda memilih username yang sesuai dengan nama usaha Anda. Perbedaan username dan nama usaha bisa menyebabkan calon klien Anda kebingungan.
Jika memungkinkan, pilihlah username yang pendek. Dengan begitu, Anda kan menghemat karakter tweet. Username yang pendek juga cenderung mudah diingat dan praktis ketika akan disebut di dalam tweet.
Foto profil
Pakailah logo usaha Anda sebagai profile picture Twitter. Ini adalah cara termudah untuk meningkatkan branding dan reputasi usaha Anda.
Jika Anda seorang public figure, blogger, atau content creator, alternatif lain adalah dengan memasang foto profil dengan latar belakang yang bersih. Foto semacam ini akan membuat Anda nampak profesional.
Header Image
Jangan biarkan header imagedi bagian atas profil Anda kosong. Elemen ini sangat strategis untuk meningkatkan brand awareness.
Ada beberapa opsi untuk menggunakan header image. Anda bisa menggunakan bagian ini untuk memperkuat reputasi usaha dengan memamerkan penghargaan dan pencapaian, promosi dan produk terbaru, atau sekedar tagline.
Bio
Strategi Twitter Marketing selanjutnya memaksimalkan bio pada Twitter. Bio adalah bentuk perkenalan Anda ke audiens. Jadi, jangan pernah asal-asalan mengisi bagian ini.
Dalam menulis bio, Anda perlu fokus memperkenalkan apa usaha Anda dan apa yang Anda lakukan. Bio semacam ini versatile dan bisa dengan mudah dipahami oleh audiens Anda. Berikut beberapa contoh twitter marketing dari beberapa perusahaan terkemuka.
Anda bisa juga menambahkan elemen humor, pencapaian, atau hashtag yang terkait usaha Anda. Salah satu contoh Twitter Marketing yang menarik adalah bio milik Netflix Indonesia.
Pastikan Anda hanya akan menulis bio semacam itu ketika branding usaha Anda sudah cukup kuat.
Tweet di waktu yang tepat
Anda ingin tweet Anda mencapai audiens sebanyak mungkin. Itu artinya, Anda perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk mempublikasikan tweet.
Biasakan untuk aktif di pagi, siang, dan sore hari. Waktu-waktu ini adalah saat audiens Anda mengisi waktu di jalan untuk berangkat ke sekolah atau kantor dan mengisi waktu istirahat makan siang.
Maksimalkan fitur
Twitter tak sekedar konten teks. Kini, ada berbagai macam fitur yang perlu Anda kombinasikan dalam tweet Anda.
Gambar
Menambahkan gambar pada tweet menambah 150% kemungkinan untuk di-retweet. Jadi, jika Anda memang ingin memperluas jangkauan tweet Anda, pastikan Anda menambahkan gambar pada tweet.
Ada dua cara kombinasi gambar ke tweet. Pertama, dengan menambah gambar sebagai ilustrasi konten.
Kedua, menjadikan beberapa gambar sebagai cerita bersambung. Cara ini bisa digunakan ketika Anda memiliki konten yang cukup panjang, tetapi tidak ingin mempublikasikannya dalam bentuk teks.
Video
Jika engagement yang Anda cari, menambahkan video ke tweet akan meningkatkannya hingga 10 kali lipat.
Curi perhatian audiens Anda dengan menunjukkan latar yang menarik, gerakan atau aktivitas, video yang diambil dari jarak dekat, dan juga visual yang membuat penasaran. Jangan lupa sertakan logo bisnis Anda dan orang-orang.
Salah satu contoh unik adalah video yang dirilis oleh @netmediatama. Video dibintangi oleh Bude Sumiyati ini secara implisit menyampaikan pesan damai menjelang pemilu.
GIF
Cara lain meningkatkan engagement adalah dengan menambahkan GIF ke tweet. Menurut Twitter, cara ini meningkatkan engagementhingga 55% dibandingkan dengan tweet yang tak menyertakan GIF.
Polling
Polling merupakan cara strategis membangun engagement sekaligus mencari insight mengenai audiens Anda.
Gunakan bahasa percakapan
Inti dari Twitter adalah engagement. Maka penting untuk membuat bahasa yang dipakai senatural mungkin, seperti halnya sedang bercakap-cakap. Cara termudah untuk memancing interaksi adalah dengan mengajukan pertanyaan.
Hindari menanyakan hal yang jawabannya terbatas pada iya atau tidak. Format pertanyaan tersebut biasanya tidak banyak direspons oleh pengguna Twitter. Begitu halnya dengan tweet bernada monolog atau terlalu kaku. Gaya seperti ini hanya akan membuat pengikut Anda ragu menanggapi tweet Anda.
Gunakan tanda pagar (Hashtag)
Tanda pagar memudahkan tweet Anda ditemukan oleh pengguna Twitter yang belum mengikuti Anda. Maka, pastikan untuk menyertakan tanda pagar di tweet.
Anda bisa membuat tanda pagar khusus sesuai brand atau mengikuti trending topic di Twitter. Namun, pastikan Anda hanya menambahkan dua buah tanda pagar di tweet. Jumlah ini akan meningkatkan engagement tweet hingga 21% dibandingkan dengan tweet dengan banyak tanda pagar.
Pakai kata-kata ajakan
Gunakan kata-kata ajakan untuk menggiring calon klien ke aksi yang Anda inginkan. Misalkan yang dipakai Gramedia Store ini.
Setelah menginfokan promo terbaru, Gramedia Store mengajak pengikutnya untuk berbelanja di Gramedia.
Selain ajakan berbelanja, Anda juga bisa menggunakan kata-kata ajakan lain seperti:
Kunjungi website kami
Download di sini
Baca lebih lanjut
Pakai kata-kata ajakan jika diperlukan saja. Terlalu banyak menggunakan kata-kata tersebut akan menimbulkan kesan agresif pada usaha Anda.
Ikuti obrolan terkini
Topik pembicaraan yang sedang viral adalah cara yang cukup mulus untuk mempromosikan usaha Anda. Anda bisa memperkenalkan bisnis Anda pada pengguna Twitter yang belum mengikuti akun Anda.
Seperti halnya yang dilakukan oleh Grab Indonesia di bawah ini.
Grab Indonesia menggunakan template ajakan nikah dari Kelas Jodoh untuk mempromosikan bisnisnya sendiri. Cara ini bisa jadi efektif karena mencampurkan humor dengan promosi bisnis. Respons yang tak terduga seperti ini bisa memicu asosiasi positif pada brand Anda.
Balas mention, retweet dan like
Twitter didesain supaya Anda bisa lebih dekat dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Maka tak aneh jika Twitter dipakai untuk menonjolkan customer service sebuah brand.
Hal ini didukung pula oleh sejumlah statistik. Sebanyak lebih dari 75% pengguna mengaku pernah me-mention akun bisnis. Sebanyak lebih dari 65% pengguna berinteraksi dengan tweet yang dibuat oleh akun bisnis. Lalu, sebanyak 82% pengguna merasa senang dan puas ketika tweet mereka dibalas.
Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak membalas, retweet atau pun like tweet dari pengikut Anda.
Caption kreatif
Caption tak kalah pentingnya di Twitter. Apalagi jika Anda membagikan video atau konten dari web lain.
Caption memberi konteks pada konten yang dibagikan. Bagian ini juga membantu audiens memutuskan untuk mengklik konten Anda atau tidak.
Cara ini sering dipakai Tirto untuk membagikan kontennya di Twitter. Jika diperhatikan, Tirto tidak pernah sekedar menulis ulang judul artikel ke tweet.
Jika Anda membagikan konten dari web Anda sendiri, ada baiknya untuk mengisi meta description di bagian bawah judul dengan kreatif.
Berinteraksi dengan influencers
Berinteraksi dengan adalah cara strategis untuk mendapatkan eksposur di Twitter.
Influencers memiliki pengikut yang banyak. Akan tetapi, yang tak kalah penting adalah kesediaan pengikut untuk mengikuti apa yang direkomendasikan oleh influencers. Jadi, bukan saja eksposur yang didapatkan melainkan juga lead ke bisnis Anda.
Jika Anda memiliki cukup modal, bekerja sama dengan influencers bisa menjadi pilihan. Anda bisa menjanjikan sejumlah benefit ke influencers agar mereka mempromosikan bisnis Anda.
Namun, ada juga cara lain yang bisa dipakai. Seperti yang dilakukan Go-Jek dengan membalas tweet salah satu penulis terkenal, Benz Bara.
Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan testimoni dengan lebih organik dan meyakinkan. Namun, tentu saja Anda perlu jeli supaya tweet semacam ini tak terlewat.
Konsisten
Konsisten adalah elemen yang tak kalah penting dalam marketing. Apalagi di medium seperti Twitter. Di mana umur tweet begitu pendek dan Anda harus bersaing dengan banyaknya tweet dari kompetitor.
Untuk bisa konsisten melakukan marketing di Twitter, ada dua cara yang bisa dilakukan bersamaan. Pertama, persiapkan konten untuk Twitter. Anda bisa membuat konten dan merilisnya di waktu-waktu yang dianggap strategis.
Kedua, jadilah lebih spontan. Selagi tak ada konten untuk dibagikan, Anda bisa membalas pertanyaan pelanggan, retweet dan like tweet yang memperkuat citra bisnis Anda, sambil juga ikut dalam percakapan soal isu yang hangat dibicarakan.
Dengan dua pendekatan ini, upaya promosi usaha Anda bisa berjalan dengan konsisten dan mudah.
Twitter Ads
Twitter Ads merupakan solusi cepat jika Anda memiliki target marketing. Entah itu mendapatkan tambahan pengikut, engagement, pengunjung website atau konversi lain, in-stream video, atau yang lainnya.
Anda bisa menargetkan ke pengguna Twitter dengan minat dan perilaku digital yang spesifik. Dengan begitu, upaya mempromosikan bisnis Anda akan berjalan lebih efektif. Pun, biaya yang dikeluarkan bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki untuk melakukan marketing via Twitter.
Kesimpulan
Mempromosikan usaha Anda di Twitter bukanlah hal yang sulit. Tapi dengan strategi yang tepat, Anda bisa mendapatkan hasil yang diinginkan dengan lebih efektif dan efisien.
Semoga strategi twitter marketing yang kami susun bisa membantu Anda mendesain promosi yang menarik. Selamat mencoba!
No comments:
Post a Comment