Popular Posts

Wednesday, July 25, 2018

Customer Success Agent Pastikan Website Beres Bisnis Sukses

Customer Success Agent: Pastikan Website Beres, Bisnis Sukses

Customer Success Agent: Pastikan Website Beres, Bisnis Sukses

Kami berusaha menyediakan website yang berguna untuk pengetahuan para pembaca, panduan singkat dan sederhana ini semoga menjadi jalan bagi kalian yang mengalami kesulitan dalam membuat blog di dunia maya, kami mengambil sumber dari blog Panduan Blog Online.com seandainya kalian berkenan langsung mengunjungi website tersebut, selamat menikmati!

Beberapa perusahaan menyebut Customer Service dengan sebutan yang berbeda-beda. Ada yang menyebut Frontliner, Receptionist, dan ada pula yang menyebut Deskmen. Di Panduan Blog Online sendiri kami menyebut Customer Service dengan sebutan Customer Success Agent. Mengapa disebut Customer Success Agent? Hal ini bermula karena Panduan Blog Online ingin setiap karyawan mampu melayani serta membantu para pelanggan dalam meraih kesuksesan yang diinginkan dengan menggunakan produk dari Panduan Blog Online. Sehingga terbentuklah julukan Customer Success Agent atau yang biasa kita singkat CSA.

Setiap perusahaan penyedia layanan pasti akan membutuhkan seorang Customer Service untuk melayani konsumen. Customer Service merupakan garda depan dari suatu perusahaan karena bertugas sebagai penghubung antara konsumen dengan perusahaan, mulai dari sebelum melakukan pembelian sampai sesudah melakukan pembelian.

Menjadi seorang CSA bukanlah perkara mudah. Banyak orang beranggapan bahwa menjadi CSA hanya bertugas untuk membalas chat ataupun menerima telepon dari pelanggan, padahal yang sebenarnya terjadi adalah seorang CSA harus menguasai semua informasi produk yang ditawarkan oleh Panduan Blog Online mengingat pelanggan akan membutuhkan informasi teknis terkait pemeliharaan website.

Setiap harinya ada ratusan bahkan ribuan chat yang masuk dari pelanggan untuk Panduan Blog Online. Para pelanggan tersebut menghubungi Panduan Blog Online dengan maksud yang berbeda-beda. Kebanyakan pelanggan akan menanyakan perihal tata cara maintenance website yang belum cukup dikuasai. “Biasanya para customers yang chat ke Panduan Blog Online itu karena kebingungan waktu mengelola website mereka. Sebenarnya untuk beberapa kasus itu sudah ada tutorial penyelesaiannya di blog Panduan Blog Online, tapi mungkin masih belum banyak customers yang tahu sehingga menanyakan hal tersebut ke CSA”, ucap Lukas, salah satu CSA Panduan Blog Online.

Pelanggan Panduan Blog Online sendiri mencakup berbagai kalangan. Tidak semua pelanggan Panduan Blog Online memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai dunia web-hosting. Maka dari itu, seorang CSA harus siap memberikan instruksi yang jelas dan mudah dipahami. “Kadang ada pelanggan yang sudah berumur dan tidak memiliki pengetahuan mengenai web hosting. Jadi, kita harus memberikan instruksi secara pelan-pelan agar beliau paham”, jelas Titis, CSA Panduan Blog Online.

Dalam melayani pelanggan tentunya tidak selalu berjalan mulus karena CSA akan berhadapan dengan individu yang dianugerahi perasaan yang berbeda-beda. Kadang kala ada yang menghubungi Panduan Blog Online dalam keadaan panik dan kebingungan. Untuk menghadapi hal tersebut, seorang CSA harus tetap tenang dalam membalas keluhan pelanggan. Sikap tersebut merupakan sebuah realisasi problem-solving yang harus dimiliki seorang CSA.

Berbicara soal tipe customers, beberapa CSA Panduan Blog Online memiliki cerita lucu ketika berhadapan dengan para pelanggan Panduan Blog Online. “Waktu itu pernah ada pelanggan yang iseng bertanya ‘Mas, jual tiket bis gak?’, padahal kita, kan, jual produk hosting dan domain, hahaha. Gak sedikit juga para pelanggan yang setelah menanyakan hal teknis soal website malah lanjut curhat ‘Mas, kok, saya sampe sekarang belum punya pacar ya?’”, cerita Lukas, pria berkacamata lulusan Universitas Sanata Dharma ini.

Cerita lain juga datang dari Titis, salah seorang CSA yang sudah bergabung dengan Panduan Blog Online selama 2 tahun, “Kalau saya seringnya malah ditanya, ‘Sudah punya pacar atau belum?’. Kadang juga ada yang minta nomor WhatsApp pribadi. Hahaha. Meskipun seorang CSA diharuskan untuk berperilaku ramah, ada aturan yang harus dipatuhi, yang mana salah satunya adalah tidak diperbolehkan untuk menjalin hubungan pribadi dengan pelanggan, termasuk bertukar nomor pribadi. Kita sebagai seorang CSA harus bisa tetap profesional,” ujar Titis.

CSA Panduan Blog Online juga memberikan pelayanan 24 jam non-stop – hal yang belum tentu semua perusahaan miliki. Maka dari itu, pekerjaan sebagai CSA tidak boleh dipandang sebelah mata karena dedikasi yang tinggi dalam menjalankan kewajibannya patut kita acungi jempol!

Dalam mewujudkan kepuasan pelanggan, sebenarnya bukan hanya tugas seorang CSA, tapi juga seluruh karyawan Panduan Blog Online. Terlebih Panduan Blog Online juga menerapkan company value yang bertajuk Customer Obsession agar semua karyawan dapat memahami kebutuhan pelanggan dan menjaga hubungan yang baik sehingga kepercayaan pelanggan tetap terjaga. 

Dari hal-hal di atas dapat disimpulkan bahwa tugas seorang CSA sangat mulia. Dalam berbagai kondisi, seorang CSA harus tetap menunjukan performa terbaiknya agar dapat membantu pelanggan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Terlebih seorang CSA harus senantiasa rendah hati agar tercipta kepuasan pelanggan dalam memakai layanan dari Panduan Blog Online. Jika diantara kalian ingin menjadi CSA yang berdedikasi untuk pelanggan Panduan Blog Online, saat ini Panduan Blog Online sedang membuka banyak kesempatan yang bisa kalian akses di: https://niagahoster.co.id/karir

Source:niagahoster.com

No comments:

Post a Comment

Cara Mengatasi Error Are You Sure You Want To Do This Di Wordpress

Cara Mengatasi Error "Are You Sure You Want To Do This" di WordPress Cara Mengatasi Error “Are You Sure You Want To Do This” di Wo...