Popular Posts

Thursday, November 21, 2019

Apa Itu Cloud Hosting

Apa Itu Cloud Hosting & Mengapa Anda Memerlukannya?

Apa Itu Cloud Hosting & Mengapa Anda Memerlukannya?

Kami berusaha menyediakan website yang berguna untuk pengetahuan para pembaca, panduan singkat dan sederhana ini semoga menjadi jalan bagi kalian yang mengalami kesulitan dalam membuat blog di dunia maya, kami mengambil sumber dari blog Panduan Blog Online.com seandainya kalian berkenan langsung mengunjungi website tersebut, selamat menikmati!

Apa Itu Cloud Hosting Mengapa Anda Memerlukannya

Cloud hosting adalah solusi terbaik bagi Anda yang menginginkan kemudahan shared hosting dengan resource dedicated seperti Virtual Private Server (VPS). Namun, bukankah shared hosting saja cukup? Kenyataannya tidak demikian.

Meskipun mempunyai banyak keuntungan, di sisi lain shared hosting juga mempunyai batasan penggunaan. Selain kapasitas yang terbatas, Anda pun harus rela berbagi resource dengan pengguna lain.

Shared hosting masih cocok digunakan ketika website yang Anda kelola masih dalam skala kecil sampai menengah. Saat website Anda mulai berkembang dan menjadi besar –atau sudah terlalu banyak website di dalam satu akun shared hosting Anda– pada umumnya performa website Anda akan tidak optimal. Hal ini dikarenakan resource yang dibutuhkan juga semakin besar.

Pada kondisi seperti di atas, penyedia layanan web hosting biasanya akan menawarkan kepada Anda untuk beralih ke VPS. Namun, solusi ini kadang bukan solusi terbaik karena mengelola VPS tidak mudah dan membutuhkan keahlian khusus. Tentu saja pengguna awam akan merasa kesulitan saat mengoperasikannya.

Oleh karena itu, ada alternatif selain menggunakan VPS, yaitu Cloud hosting. Apa itu Cloud hosting dan bagaimana cara kerjanya? Kami akan membahasnya di artikel ini sekaligus alasan mengapa Anda membutuhkan Cloud hosting.

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah tipe web hosting yang tidak hanya menggunakan satu server saja, melainkan menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan beban (load) dan memaksimalkan jam kerja server (uptime). Dengan kata lain, cloud hosting merupakan teknologi yang menggabungkan beberapa server untuk berjalan layaknya satu server utuh. Tujuannya tak lain untuk menjaga performa.

Jadi, cloud hosting tidak menggunakan single server tetapi menggunakan teknologi yang dikenal dengan nama “cluster” –menggabungkan beberapa resource server secara terpusat. Semakin banyak server yang tergabung di dalam satu cluster maka semakin besar resource yang ditambahkan ke cloud hosting.

Teknologi cluster memungkinkan website tetap berjalan meski salah satu server bermasalah. Saat salah satu server bermasalah, server lain akan menjaga website tetap berjalan. Hal itu membuat uptime cloud hosting cenderung tinggi karena server saling mem-backup.

Selain itu, resource di cloud hosting tidak dipengaruhi atau tidak dibagi dengan pengguna lain karena sudah dedicated.

Cloud hosting secara garis besar berbeda dengan shared hosting pada umumnya. Fokus pada uptime, fleksibilitas dan kemudahan proses scalling, serta private resource adalah beberapa keunggulan dari cloud hosting.

Simpelnya, cloud hosting adalah shared hosting rasa VPS. Kenapa? Karena proses pengelolaan/manajemen cloud hosting sama mudahnya seperti layanan web hosting yang sudah sering Anda gunakan, tapi kualitas dan resource setara dengan VPS.

Cara Kerja Cloud Hosting

Di bagian atas sudah dibahas sedikit mengenai apa itu cloud hosting. Pada bagian ini membahas lebih lanjut bagaimana cara kerja cloud hosting untuk menjalankan website.

Server yang ada di dalam cloud hosting saling membantu saat melakukan serangkaian tugas atau program. Di saat ada server terjadi masalah, server lain yang masih aktif aktif lainnya sementara menggantikan tugas server yang bermasalah untuk melayani permintaan (request) website.

Proses yang sama terjadi pada saat server mengalami kelebihan beban (overload). Server lain di dalam cluster yang sama akan membantu server yang kewalahan memproses permintaan dari website.

Jadi, cloud hosting melakukan pendekatan distribusi. Karena setiap permintaan website didistribusikan ke beberapa lokasi sehingga masalah downtime bisa dicegah saat server cluster mengalami gangguan.

Cloud hosting menerapkan prinsip gotong royong antar server. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan uptime dan lebih cepat melayani permintaan website. Hal ini sangat berbeda dengan server shared hosting yang bekerja secara individu, bahkan saling berebut resource.

Baca juga: Apa Itu Web Hosting? Pengertian, Cara Kerja & Jenisnya

Mengapa Anda Membutuhkan Cloud Hosting?

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa membutuhkan cloud hosting dan kenapa harus menggunakanya.

Jika Anda menggunakan shared hosting dan penggunaan sudah sering melebihi kapasitas yang semestinya, bisa saja Anda beralih ke VPS. Namun jika Anda takut tidak bisa menggunakan VPS atau tidak paham cara menggunakannya, solusi yang paling ideal adalah menggunakan cloud hosting.

Performa cloud hosting lebih cepat dibandingkan dengan shared hosting biasa dengan keleluasaan resource dedicated seperti VPS. Bayangkan saja, dengan kecepatan tersebut Anda pasti dapat menampung ribuan trafik dalam satu waktu layanya VPS. Namun dibandingkan dengan VPS, cloud hosting lebih mudah pengelolaannya dengan layanan Full Managed. Selain itu, masih ada kelebihan cloud hosting lainnya.

Berikut 3 alasan mengapa Anda membutuhkan cloud hosting.

1. Mampu Menampung Trafik Masif

Anda tidak perlu khawatir mendapatkan trafik yang berlebihan yang dapat membuat website down dan kehilangan pengunjung. Teknologi cluster yang diterapkan pada cloud hosting memungkinkan website dapat menampung trafik yang masif.

Teknologi cluster memungkinkan server dapat diakses ribuan bahkan jutaan orang secara bersamaan. Ketika ada salah satu server yang overload maka beban akan dibagi dengan server lain. Metode pembagian ini dikenal dengan sistem back-up resource.

Percayakan pada teknologi cloud hosting dan fokuslah mengembangkan website Anda untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak lagi.

2. Performa Tinggi dan Aman

Layanan cloud hosting mempunyai berbagai macam fitur unggulan. Fitur yang dimiliki sangat membantu Anda membangun website menggunakan arsitektur andal.

Pengembang dapat dengan mudah menambahkan resource saat trafik tinggi dan menguranginya ketika trafik sudah mulai normal kembali.

Jadi menggunakan cloud hosting, Anda dapat menciptakan platform yang cepat, fleksibel, dan dengan mudah dikustomsisasi.

Ketika kebanyakan layanan hosting mengalami masalah keamanan seperti penyadapan jaringan, invansi ilegal, dan penyalahgunaan data. Layanan cloud hosting menawarkan keamanan dan kerahasiaan data, kontrol akses data, dan intergritas data.

Selain itu, layanan penyedia cloud hosting juga menambahkan algoritma enkripsi untuk melindungi data pribadi dan privasi.

3. Kemudahan Manajemen (Full Managed)

Proses manajemen cloud hosting sama seperti shared hosting, yaitu menggunakan kontrol panel. Anda tidak perlu khawatir kesulitan melakukan berbagai macam pengaturan. Karena semua pengaturan dengan mudah Anda lakukan menggunakan panel yang ada.

Penyedia layanan cloud hosting terkadang menyediakan layanan Full Manage –salah satunya adalah Panduan Blog Online. Full Managed berarti segala konfigurasi dan pengelolaan server dilakukan oleh tim dari penyedia layanan cloud hosting.

Layanan Full Managed membuat pengguna tidak perlu ribet untuk melakukan instalasi dan konfigurasi website, karena semua kemudahan ada dalam satu dashboard Anda. Anda dapat menggunakan fitur Auto Installer untuk menginstall dan mengkofigurasi website dari awal hingga akhir.

Anda juga dapat menggunakan WordPress Stagging untuk melakukan uji fitur dan ide baru di sandbox sebelum website Anda live. Selain Auto Install dan WordPress Stagging, masih banyak fitur yang ditawarkan seperti LiteSpeed Web Server dan WP Accelerator.

LiteSpeed Web Server merupakan teknologi yang menggantikan Apache Web Server tanpa harus mengubah konfigurasi, program, atau detail sistem operasi yang sudah ada. Sedangkan WP Accelerator membantu Anda mempercepat loading website dan performa website menjadi leih optimal

Semua layanan itu bisa Anda dapatkan ketika menggunakan layanan cloud hosting.

Baca juga: Infografik Tips Memilih Web Hosting

Kapan Anda Perlu Cloud Hosting?

Cloud hosting merupakan solusi ideal bagi Anda yang ingin menggunakan VPS tetapi tidak paham bagaimana cara menggunakannya. Anda dapat mengelola cloud hosting seperti mengelola shared hosting menggunakan cPanel. Performa cloud hosting setara dengan performa VPS dengan kapasitas yang juga dapat disesuaikan.

Beli Cloud Hosting Sekarang, Lebih Hemat sampai 75%

Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda memahami apa itu cloud hosting. Jika Anda ingin mendapatkan informasi terbaru dari kami, jagan lupa klik subscribe dan tinggalkan komentar jika masih ada pertanyaan yang ingin disampaikan kepada kami.

Panduan Blog Online Cloud Hosting

Tidak perlu bingung mencari layanan cloud hosting karena Anda bisa mendapatkannya di Panduan Blog Online. Kami adalah satu penyedia layanan cloud hosting di Indonesia. Paket yang kami sediakan mempunyai harga yang terjangkau. Tentu dengan infrastruktur cloud hosting menggunakan teknologi terbaru dengan jaminan keandalan dan performa.

Di dalam paket cloud hosting Panduan Blog Online sudah tersedia berbagai macam fitur yang dapat Anda gunakan secara langsung. Anda akan mendapatkan layanan cPanel, free SSL, dedicated resource, auto backup, gratis domain, dan bantuan teknis kami yang siap membantu Anda 24 jam 7 hari jika menemui permasalahan. Semua paket dapat Anda sesuaikan kapasitasnya dan juga memiliki keamanan tambahan untuk menjaga privasi dan data Anda.

Tunggu apa lagi, gunakan Cloud Hosting Indonesia dan kembangkan website sebagai alat menjaring lebih banyak customer untuk bisnis Anda!

Source:niagahoster.com

No comments:

Post a Comment

Cara Mengatasi Error Are You Sure You Want To Do This Di Wordpress

Cara Mengatasi Error "Are You Sure You Want To Do This" di WordPress Cara Mengatasi Error “Are You Sure You Want To Do This” di Wo...