Popular Posts

Wednesday, February 20, 2019

Memperbaiki Error Err Too Many Redirects

Perbaiki ERR_TOO_MANY_REDIRECTS dengan Cara Ini – Panduan Blog Online

Perbaiki ERR_TOO_MANY_REDIRECTS dengan Cara Ini

Kami berusaha menyediakan website yang berguna untuk pengetahuan para pembaca, panduan singkat dan sederhana ini semoga menjadi jalan bagi kalian yang mengalami kesulitan dalam membuat blog di dunia maya, kami mengambil sumber dari blog Panduan Blog Online.com seandainya kalian berkenan langsung mengunjungi website tersebut, selamat menikmati!

ERR_TOO_MANY_REDIRECTS

Ketika mengelola sebuah website WordPress hal yang biasanya terjadi adanya error yang tiba-tiba muncul, baik itu syntax error atau error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS. Jika Anda menggunakan Google Chrome biasanya akan menampilkan pesan error This webpage has a redirect loop. Sedangkan untuk browser Firefox akan tampil pesan error The page isn’t redirecting properly.

ERR_TOO_MANY_REDIRECTS

Error ini biasanya dapat disebabkan adanya kesalahan konfigurasi pada pengaturan website WordPress Anda. Kesalahan tersebut salah satunya karena plugin yang Anda gunakan. Untuk mengatasi hal tersebut caranya cukup mudah, seperti yang akan dibahas pada artikel kami berikut ini.

Apa yang Anda butuhkan?

Sebelum melanjutkan langkah yang ada pada tutorial ini, dibutuhkan:

Berikut cara mengatasi error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS

Langkah 1: Cek setingan URL

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengecekan pada setingan URL WordPress.

Pilihan 1:  Cek setingan URL melalui dashboard admin WordPress

1. Jika Anda dapat mengakses dashboard admin WordPress, silakan Anda login kemudian pilih menu Settings. Pada bagian General Settings, silakan dicek untuk WordPress Address (URL) dan Site Address (URL) sudah sesuai dengan alamat website Anda.

Jika instalasi WordPress berada di subfolder, misalnya berada di /public_html/wp/ berarti untuk URL akan terlihat seperti ini www.domainanda.com/wp.

error wordpress

Pilihan 2: Cek atau ubah setingan URL secara manual

Biasanya jika website WordPress mengalami error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS maka untuk dashboard admin tidak dapat diakses. Sehingga untuk mengecek atau mengubah setingan URL harus dilakukan melalui file wp-config.php.

Anda dapat mengakses file tersebut melalui file manager kontrol panel hosting atau mengakses melaui FTP klien. Pada contoh ini kami akan mengaksesnya melalui cPanel:

1. Silakan login ke cPanel, kemudian akses File Manager.

file manager

2. Silakan temukan file wp-config.php yang ada pada direktori utama instalasi WordPress, jika Anda melakukan instalasi pada domain utama berarti file tersebut berada pada folder public_html.

3. Jika Anda sudah menemukan file tersebut silakan klik kanan dan pilih Edit.

err to many redirects

4. Silakan tambahkan baris code berikut ini pada bagian bawah code yang sudah ada di dalam file wp-config.php

define('WP_HOME','http://domainanda.com');define('WP_SITEURL','http://domainanda.com');

[ecko_alert color=”gray”]Catatan: Jika Anda melakukan instalasi WordPress pada /public_html/ berarti untuk URL nya http://domainanda.com. Jika Anda melakukan instalasi pada folder /public_html/wp, berarti untuk URL nya http://domainanda.com/wp.[/ecko_alert]

5. Setelah itu silakan klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

6. Silakan akses website Anda untuk mengecek apakah error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS sudah berhasil diatasi atau belum.

Selain melalui wp-config.php, Anda juga dapat mengubah URL WordPress melalui phpMyAdmin.

Langkah 2: Nonaktifkan plugin

Yang menjadi penyebab error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS pada WordPress, biasanya disebabkan oleh plugin yang bermasalah. Untuk mengatasi hal ini caranya cukup mudah, Anda haya perlu menonaktifkan plugin yang menjadi penyebab error tersebut. Silakan ikuti langkah di bawah ini:

1. Akses File Manager melalui kontrol panel hosting Anda.

file manager

2. Silakan buka folder wp-content.

wp-content

3. Untuk folder plugins, silakan ubah namanya menjadi plugins-nonaktif, atau nama lain selain plugins.

menonaktifkan plugin

4. Setelah Anda merename folder plugins, silakan coba kembali untuk mengakses website. Jika sudah tidak ada tampil error, berarti yang menjadi penyebabnya adalah plugin. Silakan Anda ubah kembali folder plugins-nonaktif menjadi plugins. Kemudian aktifkan satu persatu plugin melalui dashboard admin WordPress pada menu Plugins dan lakukan pengecekan website setiap plugin diaktifkan.

Jika error kembali muncul setelah mengaktifkan salah satu plugin, berarti penyebabnya adalah plugin tersebut. Untuk mengatasinya, silakan hapus folder plugin yang bermasalah melalui folder wp-content.

Langkah 3: Nonaktifkan file .htaccess

Masalah lain yang menjadi penyebab error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS adalah file .htaccess. Untuk mengatasi hal tersebut, silakan nonaktifkan file tersebut.

1. Akses File Manager melalui kontrol panel hosting Anda seperti pada langkah 2.

2. Pilih file .htaccess, kemudian klik kanan dan pilih Rename. Jika file .htaccess tidak terlihat, silakan ikuti petunjuk mengenai cara memunculkan file hidden.

menonaktifkan htaccess

3. Silakan ubah nama file .htaccess misalnya menjadi .htaccessnonaktif.

nonaktifkan htaccess

4. Setelah Anda mengubah nama file .htaccess, silakan akses website Anda untuk memastikan apakah masih error atau sudah teratasi.

Jika website Anda dapat diakses, berarti permasalahannya ada pada file .htaccess, hal ini dapat disebabkan terdapat konfigurasi yang bermasalah pada file tersebut. Silakan membuat file .htaccess default untuk memperbaiki hal ini.

Kesimpulan

Pada tutorial ini, Anda telah belajar tiga cara berbeda untuk mengatasi ERR_TOO_MANY_REDIRECTS, yaitu dengan mengubah URL, menonaktifkan plugin dan file .htaccess. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan yang berhubungan dengan tutorial ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Silakan Subscribe juga untuk mendapatkan artikel yang akan berguna untuk kelancaran website WordPress atau pun bisnis online Anda langsung di inbox email Anda. 🙂

Source:niagahoster.com

No comments:

Post a Comment

Cara Mengatasi Error Are You Sure You Want To Do This Di Wordpress

Cara Mengatasi Error "Are You Sure You Want To Do This" di WordPress Cara Mengatasi Error “Are You Sure You Want To Do This” di Wo...