Cara Membuat WordPress (Tutorial Lengkap) – Panduan Blog Online Cara Membuat WordPress (Tutorial Lengkap) Kami berusaha menyediakan website ...
Thursday, November 14, 2019
Website Company Profile
Langkah Mudah Membuat Website Company Profile – Panduan Blog Online
Langkah Mudah Membuat Website Company Profile
Kami berusaha menyediakan website yang berguna untuk pengetahuan para pembaca, panduan singkat dan sederhana ini semoga menjadi jalan bagi kalian yang mengalami kesulitan dalam membuat blog di dunia maya, kami mengambil sumber dari blog Panduan Blog Online.com seandainya kalian berkenan langsung mengunjungi website tersebut, selamat menikmati!
Website kini menjadi kebutuhan penting bagi bisnis. Baik bisnis online maupun offline membutuhkan website untuk menampilkan citra terbaiknya di dunia maya. Apalagi mengingat kebiasaan masyarakat saat ini yang selalu mengecek apa saja yang akan dibelinya melalui internet.
Mau beli smartphone? Google dulu. Ingin beli pakaian? Cek dulu di Google. Mau menggunakan jasa desain grafis? Cari dulu di Google. Sedang berwisata dan mencari makanan atau oleh-oleh khas daerah? Cek di Google.
Gambaran di atas tidak mengada-ada. Berdasarkan penelitian The ROBO, 82 persen orang mencari referensi produk atau jasa yang akan dibelinya di mesin pencari terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Artinya bisnis Anda harus bisa ditemukan di hasil pencarian.
Cara paling efektif agar bisnis Anda muncul di hasil pencarian adalah dengan memiliki website. Jika bisnis Anda tidak memiliki website, kemungkinan untuk muncul di hasil pencarian Google sangat kecil. Dengan muncul di hasil pencarian Google, kredibilitas bisnis Anda juga meningkat. Berdasarkan survey Verisign, 72 persen pemilik bisnis mengatakan website meningkatkan kredibilitas bisnis mereka.
Terdapat dua jenis website untuk bisnis, yaitu website toko online dan website perusahaan/website company profile. Untuk pembuatan website toko online Anda bisa merujuk ke artikel ini untuk panduannya. Di artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat website perusahaan atau website company profile.
Tujuan website company profile adalah menampilkan profil perusahaan untuk membangun kredibilitas di dunia maya. Website company profile memang tidak mendatangkan revenue secara langsung seperti website toko online. Namun, website company profile penting untuk menjadi sumber informasi terpercaya mengenai perusahaan Anda.
Melalui website company profile, Anda dapat membangun citra bisnis seperti apa yang ingin Anda tunjukkan kepada dunia. Website company profile adalah media publikasi terbesar yang bisa Anda produksi secara mandiri.
Cara Membuat Website Company Profile Menggunakan WordPress
Membuat website company profile tidak lagi eksklusif untuk para developer dan programmer saja. Siapa pun bisa membuat website company profile, termasuk Anda. Di poin ini akan saya jelaskan langkah per langkah membuat website company profile menggunakan WordPress.
Install WordPress
Untuk mulai membuat website company profile, Anda harus memiliki WordPress terlebih dahulu. Hosting dan domain juga diperlukan agar website Anda bisa diakses secara online. Anda bisa membeli hosting dan domain sekaligus memasang WordPress secara otomatis melalui layanan Panduan Blog Online. Anda bisa mengikuti panduan iniuntuk memasang WordPress sekaligus membeli hosting dan domain di Panduan Blog Online.
Login ke Dasbor WordPress
Setelah sukses memasang WordPress, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuka dashboard atau dasbor WordPress. Melalui dasbor WordPress Anda bisa mengelola website Anda dengan mudah, dari mengganti tema, menambah plugin, menambah halaman, hingga menerbitkan blogpost.
Cara membuka dasbor WordPress tidak sulit. Anda hanya perlu menambahkan wp-admin di belakang domain Anda. Misalnya, www.namaanda.com/wp-admin. Setelah itu, di layar Anda akan muncul seperti ini.
Masukkan username dan password yang sudah Anda buat ketika menginstall WordPress di langkah sebelumnya. Jika login Anda sukses akan muncul dasbor seperti di bawah ini.
Dasbor WordPress terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu toolbar (1), menu navigasi (2), dan area kerja (3).
Di toolbar Anda bisa mengelola profil Anda di pojok kanan. Selain itu Anda juga akan mendapatkan notifikasi berapa banyak komentar yang Anda dapatkan melalui toolbar.
Bagian dasbor kedua adalah menu navigasi. Sebagian besar aktivitas mengelola WordPress berada di menu navigasi. Dari menerbitkan blogpost, mengunggah media, menambah halaman, mengelola komentar, mengganti tema, memasang plugin, hingga mengganti pengaturan WordPress.
Di bagian ketiga adalah area kerja utama terdapat empat hal utama berikut:
At a Glance menampilkan jumlah post, halaman, komentar, dan versi WordPress yang digunakan.
Activity menunjukkan informasi singkat tentang post dan komentar terbaru.
Jika Anda punya ide artikel dan ingin segera menulisnya Anda bisa melakukannya di Quick Draft. Namun, Anda tetap harus menerbitkannya melalui menu utama.
WordPress News menampilkan berita terbaru dari WordPress.
Pilih Tema
Tema WordPress terbagi-bagi menjadi beberapa kategori. Dari kategori blog pribadi, kuliner, traveling, toko online, hingga perusahaan. Anda bisa memilih tema yang disediakan WordPress melalui dasbor dengan mengikuti cara ini.
Cari Tema
WordPress menyediakan ribuan tema gratis dan mungkin akan memakan waktu cukup lama untuk memilah satu per satu. Pertama, Anda bisa menggunakan fitur filter tema seperti di bawah ini:
Centang kategori tema yang Anda inginkan.
Selain itu Anda juga bisa mencari tema dengan memasukkan kata kunci tertentu di fitur search theme. Dalam hal ini Anda bisa menuliskan kata kunci seperti company.
Install dan Aktivasi Tema
Setelah menemukan tema yang cocok dengan perusahaan, Anda bisa menginstall tema tersebut kemudian mengaktifkannya. Berikut caranya:
Setelah selesai proses intstalasi Anda bisa langsung mengaktifkan tema atau melihat preview terlebih dahulu.
Rekomendasi Tema Website Company Profile
Anda bebas memilih tema mana yang paling sesuai dengan perusahaan Anda. Anda bisa menggunakan tema dari WordPress atau mengunggah tema dari pihak ketiga seperti cara yang sudah saya jelaskan di atas. Namun, Anda perlu ingat bahwa Anda harus selalu menggunakan tema resmi, bukan bajakan. Sebab menggunakan tema bajakan bisa membahayakan website company profile Anda.
Di tutorial ini saya menggunakan tema Hestia sebagai percobaan.
Lengkapi Identitas Perusahaan
Setelah berhasil memasang tema pilihan, langkah selanjutnya adalah melengkapi identitas perusahaan Anda, dari nama perusahaan, tagline perusahaan, logo perusahaan, hingga favicon. Hal ini penting agar pengunjung bisa mengingat nama dan logo perusahaan ketika membuka website company profile Anda. Berikut adalah cara menambahkan nama perusahaan hingga favicon di website Anda:
Buka Appearance > Customize
Klik Site Identity
Setelah memilih Site Identity akan muncul tampilan seperti ini:
Pilih Site Title
Tulis nama perusahaan Anda di menu ini
Pilih Tagline
Tambahkan juga tagline perusahaan Anda
Pilih Logo
Unggah logo perusahaan Anda
Pilih Site Icon
Site icon atau favicon adalah gambar yang muncul di tab browser. Anda bisa mudah menggantinya dengan fitur ini.
Jika tema Anda tidak mendukung untuk mengunggah site icon/favicon secara langsung, masih ada berbagai cara untuk membuat favicon. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya di artikel Cara Membuat Favicon.
Buat Halaman
Setidaknya ada tiga halaman penting yang harus dibuat untuk website company profile Anda, yaitu halaman About Us, contact us, dan produk/layanan. Secara teknis, membuat halaman untuk ketiganya adalah sama, yaitu sebagai berikut:
Masuk Dashboard WordPress
Pilih Page > Add New
Tulis Judul dan Deskripsi Halaman
Cara di atas dapat Anda gunakan untuk membuat halaman about us, contact us, produk/layanan, dan halaman lain jika dibutuhkan. Setelah mengetahui cara membuat halaman di WordPress, Anda juga perlu memahami konten ideal untuk halaman about us, contact us, dan produk/layanan
Halaman About Us
Salah satu elemen terpenting dalam website company profile adalah halaman About Us atau Tentang Kami. Laman ini bertujuan untuk menampilkan profil perusahaan, dari sejarah, latar belakang perusahaan, hingga visi dan misi perusahaan.
Halaman Contact Us
Halaman lain yang tidak kalah penting dari About Us/Tentang Kami adalah Contact Us atau Kontak Kami. Jangan lupa untuk menambahkan halaman ini agar pengunjung mudah untuk menghubungi perusahaan Anda.
Anda bisa menambahkan contact form menggunakan plugin Contact Form 7 dengan mengikuti panduan di artikel ini.
Halaman Produk dan Layanan
Di halaman ini yang perlu Anda tampilkan adalah jenis-jenis layanan atau produk yang Anda tawarkan. Jabarkan produk atau layanan Anda dalam kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Jangan lupa untuk menambahkan gambar atau ilustrasi yang menggambarkan masing-masing produk atau layanan Anda.
Atur Homepage/Halaman Utama
Setelah membuat identitas website company profile dan halaman-halaman pentingnya, kini adalah saatnya untuk membuat homepage atau halaman utama. Halaman utama adalah halaman yang muncul ketika orang-orang membuka website company profile Anda.
Berbeda dengan blog yang halaman utamanya berisi postingan terbaru hingga terlama. Biasanya laman utama website company profile bersifat statis atau tidak berubah-ubah. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah mode homepage atau laman utamanya menjadi static. Berikut adalah caranya:
Buka Customize
Klik Homepage Setting
Pilih A Static Page
Pilih Sample Page
Beberapa tema menyediakan sample page yang memudahkan Anda untuk membuat homepage website company profile yang menarik. Tema yang saya gunakan, Hestia, juga menyediakan sample page.
Sample page ini adalah template dasar dari tema Hestia yang menampilkan nama perusahaan, about us, layanan/produk, anggota tim, social proof dari klien/konsumen, hingga contact us. Tampilan yang disediakan tema Hestia adalah sebagai berikut:
Anda bisa mengubah konten dari sample page sesuai dengan perusahaan Anda dengan mengakses menu Front Page. Berikut adalah cara untuk mengganti konten di sample page menjadi konten perusahaan Anda:
Tampilkan Identitas Perusahaan
Anda hanya perlu mengganti nama perusahaan di sample page menjadi nama perusahaan Anda. Seperti yang saya lakukan di bawah ini:
Saya menggantinya menjadi Digital Agency Terbaik dengan tagline Melayani Kebutuhan Digital Marketing Anda. Di bawah tagline juga disediakan button yang bisa Anda arahkan ke laman atau menu lainnya.
Tambahkan Deskripsi Singkat Perusahaan
Tambahkan deskripsi singkat mengenai perusahaan Anda. Di tema Hestia, Anda bisa menambahkan deskripsi singkat tentang perusahaan dengan menyunting sample page di editor halaman. Caranya cukup mudah. Pertama, buka editor halaman WordPress, lalu klik sample page:
Yang perlu Anda lakukan adalah menyunting konten di sample page sesuai dengan deskripsi singkat perusahaan Anda.
Tambahkan Deskripsi Singkat Layanan/Produk
Sample page dari tema Hestia juga menyediakan fitur untuk menampilkan produk/layanan Anda di halaman utama. Fitur gratis dari Hestia memungkinkan Anda untuk menampilkan produk/layanan hingga tiga buah. Anda bisa mengubah konten dan ilustrasinya sesuai perusahaan Anda melalui editor di sebelah kiri.
Tampilkan Anggota Tim
Untuk menambah kepercayaan konsumen terhadap perusahaan, Anda juga bisa menampilkan profil anggota tim perusahaan seperti di bawah ini:
Tampilkan Klien
Anda juga bisa menambah kredibilitas perusahaan dengan menampilkan klien atau konsumen yang puas dengan layanan atau produk Anda. Dan tema Hestia menyediakan fitur tersebut melalui sample page. Anda bisa menggantinya dengan testimoni dari klien Anda:
Tambahkan Menu
Supaya pengunjung website Anda mudah untuk menemukan informasi yang mereka perlukan, sebaiknya Anda juga menambahkan menu, baik menu utama yang terletak di bagian atas maupun footer menu yang terletak di bagian bawah website. Caranya cukup mudah.
Buka Customize
Pilih Menu
Tulis Nama Menu dan Pilih Letak Menu
Anda bisa bebas menulis nama menu dan bisa meletakkan menu di atas sebagai menu utama (primary menu) atau di footer.
Add Item
Setelah itu akan muncul pilihan untuk menambahkan halaman-halaman yang ingin ditampilkan. Tambahkan halaman-halaman yang ingin Anda tampilkan di menu. Di contoh ini saya tampilkan halaman about us, contact us, dan halaman produk/layanan
Tambahkan WhatsApp
Selain menambahkan contact form, Anda juga bisa menambahkan media komunikasi lainnya untuk menghubungi perusahaan Anda. Salah satu media populer saat ini adalah WhatsApp. WhatsApp adalah layanan pesan paling populer di Indonesia. Saking populernya banyak perusahaan yang memanfaatkan aplikasi ini agar tetap terhubung dengan konsumennya.
Berikut adalah cara memasang aplikasi WhatsApp di website company profile Anda:
Anda bisa memilih maksimal dua aplikasi untuk versi gratis.
Tulis CTA
Di versi gratis Anda hanya bisa mengubah konten CTA. Untuk mengubah warna dan konten sapaan, Anda perlu membeli versi premium.
Dapatkan Kode
Isi alamat email agar bisa mendapatkan kode untuk memasang aplikasi chat di website company profile Anda.
Contoh Website Company Profile
Gambar di bawah ini adalah contoh website company profile yang saya buat menggunakan tema Hestia.
Kesimpulan
Di era yang serba online ini, semua dituntut untuk memiliki online presence, termasuk bisnis Anda. Bisnis yang tidak melakukan transaksi secara online pun juga dituntut untuk go online karena kecenderungan masyarakat yang kebanyakan melakukan riset online terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.
Oleh karena itu kebutuhan akan website company profile adalah sebuah keniscayaan untuk semua jenis bisnis. Website company profile adalah solusi efektif untuk mendapatkan eksposur di dunia maya. Website tersebut adalah pondasi Anda dalam membangun citra perusahaan secara online. Jadi tunggu apa lagi? Buat website company profile Anda sekarang juga!
No comments:
Post a Comment